Rabu, 31 Juli 2013

Rahasia Aman Mudik Liburan Pakai Mobil

Hari Raya Lebaran merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Setelah sebulan lamanya berpuasa, maka tibalah hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran.

Dalam kamus  ditulis sanak saudaran setelah menunaikan Salat Ied.

Hari Raya identik dengan kata pulkam, artinya setiap hari raya akan datang, maka banyak orang akan bergegas untuk pulkam.

Untuk penduduk perkotaan seperti Tangerang yang biasanya ramai lalu lintas, maka di hari raya kita akan menjumpai jalanan yang pulang ke kampung halamannya.

Banyak cara dilakukan untuk dapat kembali ke kampung halamannya. Ada yang memilih memakai transportasi umum seperti kereta api, bus, kapal laut ataupun pesawat. Meskipun harganya bisa menjadi mahal, namun tiket yang dijual selalu habis terjual sebelum hari H.

Beberapa keluarga yang mempunyai kendaraan milik pribadi seperti mobil atau motor biasanya akan lebih senang menggunakan kendaraannya, dengan memakai kendaraan milik pribadi, mereka akan merasa lebih gembira pun kendaraan tersebut dapat sangat berguna sekali untuk mendatangi rumah teman-temannya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan memakai mobil pribadi adalah sebagai berikut:

1. Cek dan Service Kendaraan sebelum digunakan
Ketika anda memilih untuk memakai mobil sendiri hal yang perlu anda lengkapi adalah service terlebih dahulu mobil di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan kondisi tekanan angin pada ban, air radiator, wiper, aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Periksa juga oli mesin, power steering, minyak rem dan karet-karet mobil serta fan belt dalam keadaan normal.

2. Siapkan minuman, makanan dan obat-obatan secukupnya
Bila perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sediakan minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup. Kalau obat-obatan Anda habis di perjalanan, Anda dapat minggir untuk membeli obat-obatan di rest area atau warung di pinggir jalan. Ingat jangan membeli minuman, pilih yang benar-benar aman untuk di konsumsi.

3. Siapkan dokumen mobil
Jangan lupa melengkapi Surat Izin Mengemudi dan STNK kendaraan, cek pajak STNK dan masa berlaku SIM anda, kalau sudah habis atau akan habis pajak dan masa berlakunya, segera urus sebelum Anda pulang kampung.

Untuk membantu mengurus dokumen kendaraan Anda seperti perpanjangan pajak STNK kendaraan, balik nama kendaraan, cabut berkas dan mutasi kendaraan, Anda dapat menggunakan Biro Jasa Mitra Samsat, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web www.mitrasamsat.com atau menghubungi (021) 9058.0902 / 0817.0751.626.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar