Rabu, 31 Juli 2013

Tips Santai Mudik Liburan Pakai Mobil

Hari Raya Idul Fitri merupakan saat yang diinginkan oleh umat Islam di seluruh dunia. Setelah sebulan lamanya berpuasa, maka tibalah Saat Kemenangan atau yang biasa disebut lebaran.

Dalam kamus  ditulis sanak saudaran setelah menunaikan Salat Ied.

Idul Fitri identik dengan kata mudik, artinya setiap hari lebaran akan tiba, maka banyak orang akan bergegas untuk pulkam.

Kebanyakan penduduk perkotaan seperti Bekasi yang biasanya ramai lalu lintas, maka di hari Idul Fitri kita akan menjumpai jalanan yang sepi ke kampung halamannya.

Bermacam cara dilakukan untuk dapat mudik ke kampung halamannya. Ada yang memilih memakai transportasi umum seperti kereta api, bus, kapal laut ataupun pesawat. Meskipun harganya bisa menjadi mahal, namun tiket yang dijual selalu habis terjual sebelum hari lebaran.

Untuk keluarga yang mempunyai kendaraan milik sendiri seperti mobil atau motor biasanya akan lebih rilex menggunakan kendaraan pribadinya, dengan memakai kendaraan milik sendiri, mereka akan merasa lebih  dan leluasa. Dan nanti di berguna sekali untuk mendatangi rumah sanak familinya.

Berikut hal yang harus di cek menggunakan kendaraan pribadi sbb:

1. Cek Kendaraan sebelum digunakan
Ketika anda memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi hal yang perlu anda siapkan adalah service dulu mobil di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan keadaan tekanan angin ban, air radiator, wiper, aki dan sistem kelistrikan dalam kondisi baik. Periksa juga oli mesin, power steering, minyak rem dan karet-karet mobil serta fan belt dalam keadaan bagus.

2. Bawa minuman, makanan dan obat-obatan yang cukup
Seandainya perjalanan yang anda tempuh cukup jauh sediakan minuman, makanan dan obat-obatan secukupnya. Kalau minuman Anda habis di perjalanan, Anda dapat berhenti untuk membeli obat-obatan di rest area atau warung di pinggir jalan. Ingat jangan membeli minuman, pilih yang benar-benar aman untuk di konsumsi.

3. Siapkan dokumen mobil
Pastikan Anda melengkapi Surat Izin Mengemudi dan STNK, cek pajak STNK dan masa berlaku SIM anda, kalau sudah habis atau akan habis pajak dan masa berlakunya, segera urus sebelum Anda pulang kampung.

Untuk membantu mengurus dokumen kendaraan Anda seperti perpanjangan pajak STNK kendaraan, balik nama kendaraan, cabut berkas dan mutasi kendaraan, Anda dapat memakai Biro Jasa Mitra Samsat, informasi lebih lanjut dapat dilihat di web www.mitrasamsat.com atau menghubungi (021) 9058.0902 / 0817.0751.626.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar